Khasiat Alami Kelapa Bagi Kesehatan

Kelapa, yang merupakan keturunan dari pohon palem dan banyak tumbuh area pesisir tropis, sering diolah menjadi makanan dan produk non pangan. Minyak kelapa bisa dijadikan mentega, krim nondairy, selai, dan lain-lain; minyak kelapa ternyata juga bisa dijadikan sampo, losion pelembab, dan produk kosmetik lainnya. Daging buah kelapa yang bertekstur seperti krim biasa dimakan mentah-mentah atau dijadikan penambah rasa di es krim, permen/kembang gula. Santan kelapa yang sudah dalam kaleng juga sering menjadi tambahan untuk kari. Sedangkan air kelapa, cairan yang ada dalam buah kelapa, merupakan alternatif minuman olahraga populer; tidak seperti bagian lain, air kelapa mengandung kalori yang rendah, tanpa lemak, dan kaya akan potassium.

Manfaatnya Untuk Kesehatan

Membantu mengurangi resiko serangan jantung. Air kelapa mengandung kalium, mineral penting yang bertugas memastikan semua sel, organ, jaringan berjalan sesuai fungsinya, juga membantu mengurangi resiko terjadinya penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Maka dari itu, dalam populasi orang yang sering mengonsumsi air kelapa, jarang sekali ditemukan kasus penyakit jantung.

Mengenyangkan. Setengah cangkir dari daging kelapa mengandung sekitar 3.5 g serat, yang mana bisa membantu Anda kenyang lebih lama.

Membantu pencernaan. Asam lemak dalam susu dan kelapa mudah dicerna oleh tubuh.

Membantu mengurangi berat badan. Dalam penelitian di tahun 2009 menunjukkan bahwa minyak kelapa bisa mengurangi lingkar pinggang dan meningkatkan rasio kolesterol LDL buruk menjadi LDL baik. Minyak kelapa memang bukan makanan rendah lemak, tapi asam lemak dalam kelapa disebut-sebut bisa membantu mengurangi berat badan. Para peneliti percaya bahwa minyak kelapa bisa membuat induksi diet thermogenesis, yang meningkatkan panas dalam tubuh dan membakar kalori.

Resiko Untuk Kesehatan

Lemak jenuh. Lebih dari 90% asam lemak dalam kelapa diklasifikasikan sebagai lemak jenuh; minyak kelapa sangat tinggi akan lemak jenuh, lebih tinggi dari lemak yang ada di mentega dan daging merah. Lemak jenuh yang terkandung tsb dapat menaikan kolesterol dalam darah. Maka dari itu, orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi dan yang mempunyai factor resiko kardiovasuklar disarankan menjauhi produk yang terbuat dari minyak kelapa.

Tips Memakannya

  • Taburi kelapa tanpa pemanis diatas sup bubur labu.
  • Kupas kelapa mentah dan taruh di atas salad buah.
  • Tambahkan parutan kelapa segar untuk jadi isi dari kue bolu.

Tips Membelinya

  • Pilih kelapa yang mempunyai cangkang kokoh.
  • Periksa hati-hati untuk memastikan agar tidak ada bagian atau bintik-bintik hitam.

Tips Menyimpannya

  • Simpan kelapa utuh dalam suhu ruang, kelapa dapat bertahan hingga satu bulan.
  • Sekali sudah dibuka, bungkus kelapa dengan rapat dalam plastic wrap dan simpanlah di kulkas, kelapa dapat bertahan hingga 5 hari.

Lihat uraian lengkapnya disini: deherba.com

Leave a Reply