Begini Cara Mengobati Sariawan Terbukti Ampuh

Asupan makanan yang bergizi sangat dimanfaatkan oleh tubuh. Mulai dari kandungan karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin, semua itu punya kegunaan sebagai alat bantu kinerja organ-organ tubuh yang Anda miliki. Kekurangan salah satu dari zat tersebut bisa mengakibatkan penyakit tertentu,  misalnya saja sariawan yang disebabkan karena Anda kurang asupan vitamin C. Hal ini pun yang dapat memicu kesulitan tidur pada anak. Kebanyakan anak yang terkena sariawan akan bersifat lebih manja sehingga tidak ingin tidur di kamarnya sendiri. Salah satu artikel di matabunda.com yang membahas tentang bagaimana cara membuat anak tidur di kamar tidur . Pemahaman lain menjelaskan bahwa sariawan biasanya akan menyerang bagian mulut, tepatnya pada bibir dan lidah. Jika Anda mendeteksi terjangkit penyakit ini, segera tangani dengan beberapa cara mengobati sariawan dengan benar.

Apa Saja Penyebab Sariawan yang Sering Dialami Seseorang?

Banyak hal yang menyebabkan Anda mudah terserang sariawan. Gaya hidup dan pola makanan yang kurang tepat turut berpengaruh memunculkan permasalahan ini. Masalah utama yang sering dialami masyarakat modern adalah stres. Stres tidak selamanya mengarah pada gangguan jiwa, tapi lebih kepada tekanan pada pikiran. Tuntutan gaya hidup dan pekerjaan yang menguras tenaga, membuat seseorang sering mengalami stres. Keadaan ini yang akan  melemahkan kekebalan tubuh, sehingga mudah terserang penyakit seperti sariawan.  Selain permasalahan tersebut, sariawan juga sering disebabkan karena naik turunnya hormon, luka pada mulut, dan siklus menstruasi.

Beberapa Cara Mengobati Sariawan yang Tepat Dilakukan

Cara Mengobati Sariawan

Meskipun sariawan bukan penyakit yang parah, Anda juga perlu melakukan penanganan yang tepat. Ada banyak cara agar terbebas dari sariawan. Berikut ini cara mengobati sariawan yang bisa Anda coba tanpa perlu khawatir adanya efek samping.

  1. Berkumur-kumur dengan Air Garam

Apabila Anda sudah tidak dapat menahan sakitnya sariawan, cobalah berkumur-kumur dengan air garam. Garam mengandung antiseptik alami yang bisa meredakan luka sariawan Anda. Anda bisa berkumur dengan air garam sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Rajin Menggosok Gigi

Kondisi mulut yang kotor akan menjadi sarang banyak bakteri. Agar hal itu tidak terjadi, mulailah rajin menggosok gigi terutama setelah makan. Cara mengobati sariawan satu ini terlihat sangat sepele, tapi besar manfaatnya bagi Anda.

  1. Hindari Makanan Pedas dan Asam

Bagi pecinta makanan pedas atau asam, mungkin cara ini sulit untuk dilakukan. Namun, Anda perlu mempertimbangkan hal ini karena makanan pedas dan masam akan menginfeksi luka sariawan Anda. Hindari saja sampai sariawan hilang, daripada Anda merasakan sakit yang begitu menyiksa. Selain makanan pedas dan asam, Anda juga harus menghindari makanan lain, seperti kopi, kacang-kacangan, alkohol, soda, keripik, rokok, dan makanan yang terlalu panas atau dingin. Ganti makanan yang banyak mengandung vitamin C dan zat besi.

  1. Mengoles Cairan Magnesium Hidroksida

Untuk memberikan rasa dingin dan mengurangi perih pada sariawan, Anda bisa mengompresnya dengan cairan magnesium hidroksida. Cairan ini dapat Anda dapatkan di apotek terdekat.

Itulah beberapa cara mengobati sariawan yang bisa Anda lakukan untuk meredakan penyakit ini. Apabila sampai berminggu-minggu sariawan Anda tidak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter, Penanganan medis akan diberikan sampai sariawan Anda sembuh.

Leave a Reply